Memanfaatkan Tumbuhan Untuk Mengusir Tikus

Cara Memanfaatkan Tumbuhan Untuk Mengusir Tikus
 
Singkong dikupas, langsung diparut tak usah dicuci, lalu diaduk dengan air kelapa hijau kemudian dikukus jangan terlalu panas kira-kira 40 derajat, dan dibuat menyerupai makanan yang lezat sesudah itu letakkan dilubang yang sering dilewati Tikus agar dimakan. Memang tikus yang memakannya tidak langsung lenyap atau pergi meninggalkan tempat tersebut tetapi menjadi mandul dan tidak berkembang pesat lalu mati karena umur tikus yang tidak panjang.


Buah kolang-kaling muda, dicacah (gunakan sarung tangan waktu mencacah) karena gatal. Letakkan dilubang/jalan tikus. Tikus yang terkena akan gatal-gatal dan akan mencari temannya. Ketika temannya tersenggol akan ikut gatal juga sehingga Tikus akan gatal-gatal massal, sehingga gerombolan tikus akan pindah.

Buah Maja, dibelah jadi 4 bagian atau 8 bagian, ditaruh di pinggir sawah.

Buah MengkuduPersiapkan dua atau tiga buah mengkudu (Morinda citrifolia L). Potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu tersebut dalam wadah berisi potongan mengkudu di tempat yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dari buah mengkudu akan membuat tikus pergi dari rumah. Makin tua buah mengkudunya makin bagus.

Kulit Jengkol, Kisah petani rawa lebak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, di masa silam. Mereka mengumpulkan kulit jengkol Phitecellobiumlobatum dari ladang, pasar tradisional, atau dapur lalu menyebarkan di sawah. Dengan cara itu sawah bebas dari serangan tikus. Itu teknik lama mengusir tikus yang digunakan turun-temurun petani di Tanah Banua.

BuahBintaro, Menurut Ir Syaiful Asikin, ahli tikus dari BalaiPenelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra), Banjarbaru, Kalimantan Selatan,tikus rumah tergolong mamalia cerdik. Saat menemukan makanan, tikus mencicipisedikit demi sedikit untuk mengetahui reaksi dalam tubuh. Bila tidak terjadireaksi apa pun, ia melanjutkan menyantap makanan. Sebaliknya, bila merasa adayang tidak beres, ia menghindari makanan itu lagi.Penggunaan buah anggota famili Apocynanceae itusebagai rodentisida relatif mudah. Meski demikian sedikit orangyang melakukannya.

Syaiful yang mengekstrak buah bintaro untuk bahaninsektisida kerap pusing saat mengolahnya. Itu karena cerberin pada buahbintaro gampang menguap dan terhirup. “Tikus menghirup cerberin dari buahbintaro yang diletakkan, lalu kabur karena tidak betah di ruangan,” kataSyaiful.Mekanisme itu lebih menguntungkan karena bintaro tidak membunuh tikus, tetapimembuatnya menghindar. Namun, menurut Syaiful, meletakkan buah bintaro segar diloteng atau di lubang tikus jauh lebih aman ketimbang di kamar. “Cerberin tidakakan terhirup oleh manusia,” kata lulusan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Universitas Lambung Mangkuratitu. Syaiful menyebut aroma asap bakaran kayu bintaro meracuni penghirupnya(Baca: Kelampan Pengemplang Hama, Trubus Januari 2012). Bila terpaksameletakkan bintaro di kamar, pastikan di lokasi tikus biasa bersembunyi.
Memanfaatkan Tumbuhan Untuk Mengusir Tikus Memanfaatkan Tumbuhan Untuk Mengusir Tikus Reviewed by Team on 20.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

The Best Traffic Exchange


Advertising in the visitor and mail exchange
Diberdayakan oleh Blogger.