Zat Penumbuh Akar Organik

Media kultur jaringan yang dimodif bisa menumbuhkan akar dengan bagus, karena nutrisi dan hormon media kultur jaringan tersebut dirancang untuk menumbuhkan semua bagian tanaman (akar, tunas dandaun) walaupun berasal dari sedikit bagian tanaman.
Peralatan Untuk Membuat Gel Hormon Penumbuh Akar sebanyak 500 ml

1. Timbangan kecil (bisa menimbang massa 1 gram dengan cukup akurat)

2. Blender(untuk membuat jus tauge)

3. Saringan kopi (untuk menyaring ampas jus tauge)

4. Gelas piala 500ml

5.Pengaduk kaca

6. Panci anti lengket

7. Kompor gas

8. Pengaduk teflon

9. 4 botol selai Ukuran 250ml yang ada tutupnya

10.  8 plastik gula

11.  40 karet gelang

12.  Autoclave (bisa digantikan panci presto)


Bahan Untuk MembuatGel Hormon Penumbuh Akar

1. 150ml air kelapa muda

2. 150ml jus tauge (kecambah kacang hijau) yang sudah disaring ampasnya

3. 1 gram pupuk daun lengkap (makro dan mikro) dengan P tinggi (Gandasil B, Hyponex,Grow More, Rosasol-P, Green World Pujib)

4. 10gram gula pasir

5.  250ml gel Lidah Buaya (Aloe vera).. Cara Mengambil Gel Lidah Buaya dgn dikerok pake sendok kemudian di blender / di jus & disaring diambil airnya.
Cara Membuat Gel Hormon Penumbuh Akar

1. Masukkan semua bahan selain gel Lidah buaya ke dalam gelas piala 500 ml, lalu aduk rata dengan pengaduk kaca.

2. Masukkan bahan-bahan yang sudah sudah diaduk rata tadi ke dalam panci, kemudian nyalakan kompor, bahan-bahan diaduk dengan pengaduk teflon hingga mendidih.

3. Jika sudah mendidih kompor dimatikan dan biarkan suhu campuran bahan-bahan mencapai suhu ruangan.

4. Masukkan gel lidah buaya dan aduk sampai tercampur rata.

5. Masukkan campuran gel ke dalam botol selai, tiap botol selai isi 1/2 volumenya saja.

6. Tiap botol selai yang sudah diisi ditutup rapat dengan 2 rangkap plastik gula yang dilipat persegi dan diikat dengan 10 karet gelang.

7. Masukkan botol selai yang berisi gel hormon penumbuh akar ke dalam autoclave, nyalakankompor hingga suhu autoclave 121 derajat Celcius dan tekanan manometer mencapai indikator sterilisasi (biasanya memakan waktu 3 hingga 5 menit untuk mencapai kondisi ini), pada kondisi tersebut biarkan selama 15 menit.

8.Setelah disterilkan selama 15 menit matikan kompor, tunggu sampai tekanan dalam autoclave habis, kemudian keluarkan botol selai dan biarkan suhunya turun hingga sama dengan suhu ruangan.

9. Setelahd ingin ganti tutup botol selai dengan tutup seharusnya, saat ini gel bisa digunakan untuk mencangkok maupun stek.

*Jika menggunakan panci presto,waktu yang dibutuhkan untuk mensterilkan lebih lama dibandingkan autoclave. Pada panci presto tidak terdapat manometer, maka sebagai gantinya indikator uap(semacam pentil) yang dijadikan acuan, waktu sterilisasi dimulai saat indikator terangkat maksimal (memakan waktu 15-20 menit untuk mencapai kondisi ini) danpada kondisi tersebut biarkan selama 15 menit baru kompor dimatikan.

*Beri tatakan/penyangga agar botol selai tidak langsung menyentuh dasar panci presto, jika menggunakan autoclavebiasanya sudah ada penyangga yang membuat botol selai tidak menyentuh dasarautoclave.

*Simpan gel di dalam kulkas agarawet, gel bisa bertahan hingga 1 tahun jika disimpan dalam kulkas, di luar kulkas gel hanya bertahan 2 bulan.


Selamat mencoba membuat hormon penumbuh akar sendiri, jika sudah punya peralatan biaya produksinya sangat murah.
Zat Penumbuh Akar Organik Zat Penumbuh Akar Organik Reviewed by Team on 20.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

The Best Traffic Exchange


Advertising in the visitor and mail exchange
Diberdayakan oleh Blogger.